24.8.09

Jelajah Krakatau

Canti, Lampung selatan, sabtu pagi yang mendung.  Setelah perjalanan panjang menyusuri rute Kampung Rambutan-Merak-Bakauheni, akhirnya kami tiba jua di desa bernama Canti ini.  Pelabuhan kecil itu sunyi.  Titik gerimis turun dari langit kelabu.  Bahkan kamera kami pun cuma menangkap gradasi hitam putih saat itu.

Namun cuaca suram tsb tak menghalangi kami tuk mengangkat sauh dan melarung lautan.  Krakatau sudah memanggil kami.  Memang perahu kami sempat terombang-ambing oleh gelombang, namun saya yakin selama nahkoda dan awak kapal bersikap santai, artinya tak ada yang perlu dikuatirkan.  Kiat saya tuk menolak mual adalah dengan memandang lepas ke kejauhan.

Larik-larik cahaya mentari mulai muncul ketika perahu memasuki perairan Sebuku.  Tak pernah kami begitu mensyukuri nikmat hangatnya sinar sang surya seperti saat itu.  Gelombang mulai reda, dan mendung pelahan berlalu.  Alhamdulillah!  Hadirnya mentari menampilkan kembali warna-warni biru kehijauan lautan.

Kami singgah sejenak di pulau Sebuku Kecil.  Tanpa ragu semua segera terjun ke air, dan berenang menepi ke pantai berpasir putih nan indah.  Hilang sudah semua penat dan mual.

Puas menikmati Sebuku Kecil, pelayaran pun berlanjut menuju pulau Sebesi.  Disinilah penginapan kami berada.  Ialah dua buah rumah yang masing-masing berupa ruangan lapang dan diisi oleh jejeran kasur yang diletakkan berhadapan, tak ubahnya barak asrama.  Tapi kami menyukainya.

Usai rehat sejenak, penjelajahan kembali dimulai.  Sebagian kami mulai menyusuri jalan desa yang berdebu, memasuki perkampungan di pulau Sebesi, menengok pabrik minyak kelapa, hingga muncul kembali di tepi pantai.

Sore hari kami berkunjung ke pulau terdekat, yaitu Umang-Umang.  Keindahan dan kesunyiannya laksana pulau pribadi.  Pasir putih, pasir kerang, lautan jernih, terumbu karang, hingga bebatuan yang tegak menjulang sungguh memanjakan hasrat 'back to nature' kami, tak lupa naluri 'narsisme' pun tersalurkan.
Total sudah ada 206 foto di kamera saya hari itu, belum ditambah foto dari 15 kamera lainnya :)

Malamnya kami sudah masuk kamar pukul 20:30.  Ya, kami, anak-anak hedonis metropolis, sudah rebah di kasur masing-masing tepat pukul setengah sembilan di malam minggu di pulau eksotis ini.
Jangan bilang t-e-r-l-a-l-u.  Kondisi tubuh yang kecapekan akibat perjalanan panjang malam sebelumnya ditambah aktivitas seharian tadi, membuat kami satu persatu terlelap tanpa banyak kata lagi.

Esoknya, pagi-pagi sekali kami sudah kembali berlayar, tujuan kali ini adalah Krakatau.  Sungguh menakjubkan betapa saya akhirnya jadi juga mengunjungi situs vulkanis legendaris tsb.

Jadi pada jaman prasejarah tersebutlah sebuah gunung yang dinamai Krakatau
Besar di pulau Rakata, yang pernah meletus dahsyat dan meruntuhkan 2/3 dari gunung tsb.  Aktivitas vulkanis kemudian memunculkan dua buah pulau, Danan dan Perbuatan.

Pada 27 Agustus 1883, terjadi lagi ledakan dahsyat Krakatau.  Letusan ini melegenda karena bunyi ledakannya terdengar hingga Australia dan debunya menjelajah dunia.  Ia pun masuk dalam kategori super-volcano skala 7.
(Pssst, mau tahu skala 8? Rekor ledakan super-volcano terdahsyat selama 25 juta tahun terakhir tetap dipegang oleh Indonesia, tepatnya letusan gunung Toba purba, yang kawahnya masih tersisa berupa danau Toba yang sekarang.  Efeknya saat itu mempercepat jaman es dan efektif mengurangi populasi manusia prasejarah hingga tinggal 10 ribu jiwa saja).

Anyway, letusan terakhir Krakatau pada 1883 ini menyisakan sedikit saja pulau Rakata, sedangkan pulau Danan dan Perbuatan musnah.  Periode 1920an, aktivitas vulkanis memunculkan sebuah pulau baru, Anak Krakatau.

Dan kini, perahu kami melaju mendekatinya.  Puncak Anak Krakatau tampak tenang dan syahdu.  Tapi siapa sangka begitu satu persatu kami mendarat di pesisirnya, ia mulai meletup-letup lagi.  Waaaaah, semua terpesona melihatnya.

Sayang aktivitas letupan yang terlalu aktif tak memungkinkan kami tuk mendaki hingga ke puncaknya.  Kami harus cukup puas mendaki hingga dindingnya saja.  Tiap kali ada letupan semua orang bersorak sorai, dan sibuk berfoto-foto.  Kapan lagi ada letupan gunung berapi dan kami malah bersukaria di bawahnya.  Sungguh pengalaman unik yang tiada tara.
    
Dari Anak Krakatau ini kami pun sempat memandang pulau Rakata dimana gunung Krakatau yang asli berada.  Ia menjulang tinggi angkuh, setengah bagiannya hanya berupa jurang terjal yang menjorok ke laut.  Diamnya sungguh bagai misteri di mata saya.

Kegiatan kami berikutnya adalah snorkelling di legun Cabe (pardon, is it Chilli lagoon in English?).  Lokasi tepat berada di pesisir pulau Rakata.  Pemandangannya sungguh indah, baik di dalam ataupun di permukaan laut.

Puas menikmati legun Cabe, kami pun berpindah ke pulau Panjang.  Ragam aktivitas dilakukan di sini.  Ada yang mendaki tebing terjal menuju goa Jepang, ada yang snorkelling, ada yang foto-foto, ada yang menyusuri pantai sambil curhat, ada pula yang berenang-renang sambil ngomongin yang lagi curhat sepanjang pantai, hehehe.

Oya, saya pun sempat mengikuti survival tips di pulau, yaitu mengais-ngais pasir mencari kerang/remis untuk dimakan.  Awalnya sulit, tapi lama-kelamaan kau akan terbiasa, jari-jarimu yang akan mencari sendiri dimana kerang/remis berada.  Lumayan, hampir satu tupperware penuh kami dapatkan dari hasil mengais-ngais pasir tadi. 

Jelang sore kami pun tiba kembali di pulau Sebesi.  Sebagian melanjutkan bermain air di pantainya, bahkan ber-snorkelling di sisi dermaga.  Sayang waktu tak mengijinkan kami tuk kembali menyeberang ke pulau Umang-Umang.  Gelap tlah datang, tiba saatnya tuk kembali ke penginapan.

Total foto yang saya ambil hari ini berjumlah 226 saja, belum ditambah foto dari 15 kamera lainnya :)

Esoknya, hari terakhir liburan kami, di pagi 17 Agustus 2009.  Kami serentak mengadakan upacara bendera di tepi pantai.  Awalnya gerimis cukup lebat, cuaca kembali abu-abu, namun tak menyurutkan semangat kami tuk memperingati hari kemerdekaan RI.  Upacara bendera berjalan khidmat, dan menghibur.  Dari kami, untuk kami, demi negara tercinta.

Gugusan Krakatau kami jelajahi sudah.  Pesonanya takkan lekang, dan kenangannya takkan hilang.  Indonesia, I love you full!





credits
Terima kasih tak terhingga tuk semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya liburan ini, langsung ataupun tak langsung...

Oya, foto yang saya ambil di hari terakhir cuma 232 saja, belum ditambah foto dari 15 kamera lainnya :) 

192 comments:

  1. kereennn,.. kaliyan beruntung bs kesana,.. *akuh mnyndiri dipojokan meja biliar*

    ReplyDelete
  2. WOW..
    fotonya bagus bagus bangettttttttttttttttttt
    *ngiler

    ReplyDelete
  3. pry likes this
    jempol duwa

    fotonya bagussss

    ReplyDelete
  4. elo cuma 232 dii?? berarti gw doang yang iseng foto2 same 800-an? :D

    ReplyDelete
  5. Sama kok Mar... akupun sampe 808 photo githuu dehhh (tapi banyak yg sama siihhh - maklum amatiran) :))

    ReplyDelete
  6. Bravo...Bravo...Om Aldih....Tetepdwehh... Penuturannyahhhh Juwara... Tapi kok gag terselip kata kata lucu aka nyelenehnya ala Om Aldih sih ...?

    ReplyDelete
  7. foto hari 1 + hari 2 + hari 3 = 206 + 226 + 232 = 664 foto :)

    ReplyDelete
  8. ah masa sih, bawaan puasa kali ya

    *menatap beduk kulit domba*

    ReplyDelete
  9. rrrrr ini ga jorok kan pit?

    *curiga*

    ReplyDelete
  10. hehehe kebayang dirimu nelangsa di meja biliar, sementara kita hura2 di laut

    *kasih nasi tumpeng perdamaian*

    ReplyDelete
  11. buat yang bilang foto2nya bagus, makasih yaaaaa

    duabadai likes this!

    *tersipu jumawa*

    ReplyDelete
  12. hiiiiy, kamar sebelah ada penunggunya: cong thai!

    ReplyDelete
  13. *kasi tanda jempol*

    om badaaai....bener kata masyuuud....kok ga ada kalimat2 "aneh"nya siiih?
    aku rinduuuuu :D

    ReplyDelete
  14. kalimatski anehski yang manski skih???

    ReplyDelete
  15. kalimat2 aneh bin ngeyel ala badai sucimiiiiiiiiiiiiiii
    itu yang kutunggu-tunggu :D

    ReplyDelete
  16. stylenya om badai, klo di pramuka muka yang dikumpulin

    ReplyDelete
  17. wah akhirnya...aku belum ksana...*nangis bombay*

    ReplyDelete
  18. ih klo ketambahan punyaku jadi 4 pasang dong he he

    ReplyDelete
  19. lifejacketnya matching ama topinya :))

    ReplyDelete
  20. hehehe kita sudah tau sama tau yang mas bo

    *kedip2*

    ReplyDelete
  21. iya, umang2nya yang segede pulau tapi ;p

    *dibahas*

    ReplyDelete
  22. kamu punya reebok jugakah? asoyyyyyy!

    *toss*

    ReplyDelete
  23. iyah, seru deh serasa di jacuzzi

    ReplyDelete
  24. kayak di film erotis ya, return to blue lagoon ;p

    ReplyDelete
  25. wah erotis ya pilemnya...*nyari ah besok he he*

    ReplyDelete
  26. pake dong nanti kalo ketemuan ;p

    ReplyDelete
  27. eh ga tau, blom pernah nonton

    *muka polos*

    pssst kalo udah nemu filmnya, aku pinjem ya ;p

    ReplyDelete
  28. wah ternyata aku punya pilemnya...bagusssss

    ReplyDelete
  29. aku suka fin-nya, hehehe matur nuwun mas :)

    ReplyDelete
  30. tiap lihat rumah ini selalu ingat film horor thai

    *bergidik*

    ReplyDelete
  31. hebat hebat...
    renyah sekali bacaannyaaaa...

    ReplyDelete
  32. hebat hebat...
    renyah sekali tulisannya.... ... *kriuk kriuk*

    ReplyDelete
  33. eeeh ada aku ada aku ada aku.... *gila eksis*

    ReplyDelete
  34. uugggh ranting dan pantai.... gue bangeeeettt...

    ReplyDelete
  35. aduh...suka banget ama foto ini....bukan modelnya ya :P

    ReplyDelete
  36. wah foto2na baguuuuuuuuuuuuuuuuuus

    kita kayaknya belom pernah ngetrip bareng ya?

    ReplyDelete
  37. pengen berdiri dan difoto disitu tuh.... satu kaki or satu tangan.... *manusia akrobatik*

    ReplyDelete
  38. waw.... keren nih modelnya pipit yah dapet banget moment nya....

    ReplyDelete
  39. sungguh menakjubkan... udah kasep ya pagi2 pasti udah mandi nih gunung trus baluran minyak kayu putih trus bedakan.... ngeceng deh... hehehehe....

    ReplyDelete
  40. aldih padahal kamu tetep naik ke atas sana... cobain rebus telor sekilo aja gitu....
    ngetes lah takutnya ini krakatoa boongan hehehehe...

    ReplyDelete
  41. *langsung ngetag ipul buat next trip*

    ReplyDelete
  42. hahaha percaya kalo sandi yg ngomong

    ReplyDelete
  43. model sedang digarap di sesemakan

    *serasa koran lampu hijau*

    ReplyDelete
  44. jangan mauuuu....dia udah nolak2 pas diajak ke krakatau
    *dendam membara*

    ReplyDelete
  45. kamu hebat deh me replay semua komen dari penggemarmu subuh2 gini kena shift 3 yah haheuhaheuhauehaue....

    ReplyDelete
  46. ini anaknya krakatau, masih lugu dan jujur

    *nyuruh anak krakatau salaman sama sandi*

    ReplyDelete
  47. lumayanlah uang lembur gede, wkkkkkkk

    ReplyDelete
  48. kitah kan ke samalonce ya pol...*mendukung ipol dari dendam si Eca*

    ReplyDelete
  49. sungguh.....aku tak berdusta
    *muka tukang ngadu*

    ReplyDelete
  50. wah, tulisan or watermarknya kok malah bikin tambah keren foto ini ya? hahahaha...
    *padahal biasanya ganggu, maap ihihihihi*

    ReplyDelete
  51. ooh ini rumah ga ada yg huni lagi ya? kesitu yuk, di.. uji nyali... hehehehehe..
    *sok berani*

    ReplyDelete
  52. ribok yg kekrok2an (begitu sayah nyebutnya kalo pas ngeliat di emol) hehehehe..

    ReplyDelete
  53. btw, akuh suka tulisannyaaaahhh...
    aldi kalo nulis 'adem' yaaa...

    ReplyDelete
  54. ini kan ide akuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu ..
    emang kamu poto juga ya bebe?
    siapa modelnya?
    *secara pas di kamera gua dan yudi, modelnya kamu sama congthai*

    ReplyDelete
  55. aaahhhh ..
    sampan yang kesepian ..
    *mulai melodramatis*

    ReplyDelete
  56. iya bok, pas lewat kan kita bilang juga kayak setting-an pilem horor hahahaha!

    ReplyDelete
  57. setuju... akupun menggilai tulisan Aldi ini....
    mengalir, berkualitas baik tata bahasa juga bobotnya penuh IPA (ilmu pengetahuan alam).
    menggiring pembaca seolah ada di krakatoa sana dan taraaaammmm walau ga kesana berasa udah pernah aja gituuu jeh...

    *lebih ga sih*

    ReplyDelete
  58. gyakakakakakakakak... utk seorang sandoz mana pernah ga lebih...

    btw, gw jujur lhooo... yeeee.. ngeledek aja nih kang sandi!

    ReplyDelete
  59. sumpah ! tijeh gw ga ngeledek gw selalu terpesona dengan tulisan Aldi yang bertutur ini...

    cuma mengungkapkannya saja lebih begitu.

    abis kalo cuma komen : "sama jeh saya juga" *garing rasanya* :)

    *duh aldinya mana yah, biasanya gw ribut ma unay ni ari kok ama tijeh*

    ReplyDelete
  60. iya ih.. kan ga enak ribut ama orang yg tuaan... berasa songong nih... takut durhakaaa..
    xixixixxi...

    ReplyDelete
  61. kita beda tpis kali jeh... gw lahir pas krakatoa meletus pertama kamu kan pas tampomas karam kan.... heuheuheuheue...


    *OOT jaya nih, takut dmarahin yg punya postingan mana lebih tua pula :D*

    ReplyDelete
  62. wah ngelewatin tempat gw tuh...
    hehiheihei

    ReplyDelete
  63. gw nemu penyu.. :D
    hehe
    jadi pengen lg om..

    ReplyDelete
  64. lhaaa. krakatau di samain ama tampomas... ihihihi.. titanic aja masih deketan...
    *kok malah ngedukung dikatain tua ya gw?*

    ReplyDelete
  65. eeh, iya bener... maapkeun sayaahh... *duduk dipojokan*

    ReplyDelete
  66. hahaha akupun sebenernya suka terganggu sama watermark, tapi yah daripada poto kita dicolong :)

    meski kadang2 watermark bikin jadi bagus sih ;p

    ReplyDelete
  67. serasa rumah sadako ga sih?

    *terobsesi sama semua sumur*

    ReplyDelete
  68. hiyahaha, gw beli waktu blom kenal crocs lohhhh

    ReplyDelete
  69. hmmm, iya ya, udah lama gw ga ada album narsis...

    ReplyDelete
  70. ini poto punya yudhihola, emang lo ga ngeh sama watermark-nya? hehehehe

    ReplyDelete
  71. *siap2 mendengarkan curcol panjang lebar*

    ReplyDelete
  72. gw ga hafal kaki siapa aja ya di situ?

    ReplyDelete
  73. hmmm baca komentar sandi serasa baca komentar kunay

    ReplyDelete
  74. kita poto2 aja yuk pake perahu orens

    *lanjutan postingan sebelah*

    ReplyDelete
  75. oyahhhh, kabarnya di pulau panjang juga ada spot nyelem yg indah banget

    *lirik ke ayudi & adhit tampan*

    ReplyDelete
  76. *tertawa termehek-mehek baca reply tijeh*

    ReplyDelete
  77. kalian berdua dihukum, CTARRRRR!

    *pecut pake cambuk berduri*

    ReplyDelete
  78. loh, nanti yang motret siapa???

    *lihat mas bo & mas inoe berebut naek perahu orens*


    hihihi reply-nya pun samaan dengan postingan sebelah ;))

    ReplyDelete
  79. mustinya dephut/dephankam lihat ini, dan selekasnya upgrade kapal2 patroli

    *niat suci membantu para jagawana dalam melaksanakan tugasnya*

    ReplyDelete
  80. you and 1000000 people like this ;p

    ReplyDelete
  81. me, adhit tampan, mas ay ay, saman likey!!!!
    *bawa2 yg ga eksis d MP*

    ReplyDelete
  82. ayo kita colong punya si tampan!!! pemakaian perdanaaaa.. :D

    ReplyDelete
  83. itu juga warnanya beda2 lagi mas, cuman udah jadi sama warnanya karena kena debu dan pasir krakatau aja.. haha

    ReplyDelete
  84. hahahahhaaaaaaa warnanya jadi samaaaa semuaaaaaaaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  85. oia, si tampan jg ketemu ya katanya..
    haha
    jadi pengen lagee...

    ReplyDelete
  86. ayien, reply-nya tadi diulang dong dong dong

    ReplyDelete
  87. hati2 kalo mau dipake pertama kali jangan sampe merusak selaputnya*

    *baca: selaput fin

    ReplyDelete
  88. jaaaaah lo jadi brooke shields gitu? wkkkkk ;p

    ReplyDelete
  89. kasian ninik kepanasan ga pake topi

    ReplyDelete
  90. bukan catwalking, tapi congwalking

    ReplyDelete
  91. yukkkk lagi yukkkk
    penasaran pengen ketemu penyu di dalem laut

    ReplyDelete
  92. jangan lupa kamera underwater om badai..
    heuheu.. ya ya ya...

    ReplyDelete
  93. *langsung beli 10 kamera underwater*

    ReplyDelete
  94. aduuuuuuhh baguuus bangeeeeet (terpukau)
    kapan ya bisa ke tempat bagus begitu...
    sayang jadwalnya gak pas sama jadwal 'show' gue (berasa seleb gegegeg)

    ReplyDelete
  95. lain kali diatur supaya jadwal show ga ganggu jadwal trip, gegegege :)

    ReplyDelete
  96. serang i'm in love lah

    *sok elit ala eiffel, terdampar di kota serang akibat mencari sesuap nasi*

    ReplyDelete
  97. sumpah keren abis yg ini *_______*

    ReplyDelete
  98. yup, setidaknya lebih deket kan kalo mo ke anyer/merak? hehehe

    ReplyDelete
  99. reply yang mana beyb? emang kok ilang?

    ReplyDelete
  100. yah samaaaa.. gw udh lupa juga kaleee

    ReplyDelete
  101. bagus birunyah
    gada yg ngalahin di pulau sempu de

    ReplyDelete
  102. penghuninya semok2, pasti lo mau kan??? ;p

    ReplyDelete
  103. eh lo ga pernah posting poto2 di sempu ya?

    ReplyDelete
  104. posting kok
    banyak poto anonoh

    xixiix

    ReplyDelete
  105. apakah dirimu cantik & rapuh?

    *mancing2*

    ReplyDelete
  106. hello there, long time no roar from you :)

    ReplyDelete
  107. Cakep cakep fotonya..., sudah merambah gunung juga gitu lho :D

    ReplyDelete
  108. woro2in ke aku juga ya kalau ada trip kayak gini lagi :D
    pingin ikutan juga wkwkwkwk

    ReplyDelete
  109. tapi gunungnya di laut, hehehe
    thanx anyway :)

    ReplyDelete
  110. gunung di laut, bukan gunung di darat ;p

    ReplyDelete
  111. banget! tiap ada letupan kita malah horeeee trus pada asyik poto2 :)

    ReplyDelete
  112. Aha, ... so many things to be done.
    Glad that I am roaring now especially on your photos.

    ReplyDelete
  113. pastinya! serasa di barak asrama, seruw! :)

    ReplyDelete
  114. eih...ada mbak Yeyen....fotonya kerennn....

    ReplyDelete
  115. sebenernya ini buru2 motret fin-nya sebelum diambil pemiliknya, haha

    ReplyDelete
  116. saya juga masih pengen kesana lagi! mari saling berkabar2i :)

    ReplyDelete